Posted by : Eka Rizky safitri Jumat, 21 Februari 2014

Hikikomori  adalah otaku yang sudah benar-benar menjauhkan dirinya dari masyarakat sosial, mengurung diri dalam ruangan, dan cuma keluar untuk beli makan atau keperluan serta tidak berinteraksi sosial di kehidupan nyata.

Kasus Hikikomori di Jepang semakin parah saja. Menurut Wikipedia, pemerintah Jepang memperkirakan bahwa pada tahun 2010 terdapat 700.000 penduduk yang hidup sebagai Hikikomori dengan umur rata-rata 31 tahun. Beberapa diantaranya bahkan sudah diusia 40 tahun dan sudah menjalani hidup sebagai Hikikomori selama 20 tahun.

Lalu sekarang ada berita bahwa di Jepang ada Universitas Hikikomori di Tokyo. Sesuai dengan namanya, Universitas ini memang dikhususkan untuk para Hikikomori. Para guru dan murid yang datang pada sesi pertemuan di Universitas ini awalnya lebih diarahkan kepada sesi konseling. Disini para Hikikomori bisa berbagi masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Ini juga bertujuan agar masyarakat tahu kesulitan apa yang dihadapi oleh Hikikomori dan agar para Hikikomori juga bisa melihat perspektif orang lain.

Tak hanya di Jepang, di Indonesia pun banyak yang berpotensi jadi Hikikomori. Berikut adalah alasan salah satu teman kita yang merasa dirinya mendekati atau bahkan sudah menjadi Hikikomori.

(Anisu Hirai Yukari)
Alasan.?? Umm.. Gak bisa rileks sama orang lain, apalagi orang baru, pasti pandangannya itu pandangan ngeremehin. Aku benci dipandang gitu. Sebenarnya aku pengen bersosialisasi, tapi kalau orang-orang disekelilingku gak respect, percuma. Nanti aku malah jadi orang bodoh yang berusaha mencari pusat perhatian. Lagian orang-orang disekitar rumahku, mereka jenis orang bermuka dua dan bermulut penjilat. Jadi aku malas aja bersosialisasi dengan mereka. Lebih baik mengurung diri di kamarku sendiri. Soalnya di kamar, aku bisa melakukan apa aja yang aku mau, bikin sketsa, dengar music, menulis puisi, novel, menggambar, nonton anime, sampai trenching pun bisa. Sejak kecil aku sudah begini sih, jadi gak ada masalah….


Sumber: http://m.facebook.com/HarajukuPlayground/posts/410245849105939

Blogger templates

Blogroll

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut

Copyright © Dunia Erizks -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan